GRAFIK COMPUTER
Grafik computer adalah suatu pencitraan untuk membuat kualitas gambar pada computer dengan cabang di siplin ilmu yang mempelajarinya yaitu ilmu informatika dengan mengunakan alat sebuah computer . dalam pembuatan suatu kualitas gambar diperlukan computer yang memadai seperti perlunnya suatu hadwere VGA salah satu yang mendukung kualitas gambar atau grafik suatu computer , ada pula suatu cabang ilmu yang mempelajari pengolahan citra yaitu suatu proses gambar input kedalam proses pengolahan citra sudah tersedia. Adapun persamaan grafik computer dengan pengolahaan citra adalah yaitu sama dalam membuat kulitas gamba menjadi lebih baik walaupun dalam prosesnya berbeda buktinya.
Grafik komputer adalah ilmu yang sangat cepat berkembang pada saat ini. Perkembangan ini didukung oleh munculnya prosesor-proseor komputer yang cepat dan kartu grafik yang semakin canggih dan hebat., grafik komputer banyak dipakai dalam bidang permainan computer, seperti permainan game online.dikarenakan diasain garafik dan kualitas gambar yang harus memadai agar permainan game lebih menarik untuk dilihat efek-efek permainan gambar dan warna permaina game tersebut.
Dalam pernataanya dalam garafik computer terjadi pembagian pengertian 2 dimensi dan 3 dimensi . pengertian tersebut dungunakan untuk membedakan pembuatan tehnik gambar atau pencitraanya dalam computer.
1. Grafik 2 Dimensi
Grafik 2 Dimensi merupakan teknik penggambaran pada layar (monitor) dengan berpatokan pada titik koordinat sumbu x (datar) dan sumbu y (tegak). Pada monitor komputer, koordinat tersebut dihitung mulai dari sudut kiri atas layar. Semakin ke kanan, nilai koordinat x semakin bertambah. Semakin ke bawah, nilai koordinat y semakin bertambah. Besarnya nilai koordinat ini dihitung dalam satuan pixel.
Agar dapat tampil dengan sempurna, gambar yang akan ditampilkan dengan teknik ini harus memiliki nilai koordinat x dan y minimum 0 dan maksimum sebesar resolusi yang digunakan.
2. Grafik 3 Dimensi
Engine 3D yang biasa dipakai:
DirectX (atau bisa disebut Direct3D) adalah kumpulan API untuk menangani berbagai tugas dalam pemrograman multimedia khususnya permainan komputer dalam sistem operasi Microsoft Windows. DirectX sendiri merupakan gabungan dari Direct3D, DirectDraw, DirectMusic, DirectPlay, dan DirectSound. DirectX SDK dapat diperoleh secara cuma-cuma dari Microsoft. Versi terbaru untuk Windows vista yang di luncurkan sekitar bulan januari 2007 adalah DirectX 10
SDL (Simple Media Layer) adalah library pemrograman untuk membuat aplikasi multimedia di berbagai sistem operasi. Dengan menggunakan SDL, programmer dapat mengakses layar, suara, papan ketik, joystick, hardware 3D dan 2D framebuffer dengan menggunakan cara yang sama di berbagai sistem operasi. Kelebihan lain dari SDL adalah dapat digunakan dengan berbagai bahasa pemrograman.
Hadwere yang membantu dalam penampakan gambar atau resolusinya agar lebih nyata dalam pencitraan sebuah computer.
VGA, singkatan dari Video Graphics Adapter, adalah standar tampilan komputer analog yang dipasarkan pertama kali oleh IBM pada tahun 1987. Walaupun standar VGA sudah tidak lagi digunakan karena sudah diganti oleh standar yang lebih baru, VGA masih diimplementasikan pada Pocket PC. VGA merupakan standar grafis terakhir yang diikuti oleh mayoritas pabrik pembuat kartu grafis komputer. Tampilan Windows sampai sekarang masih menggunakan modus VGA karena didukung oleh banyak produsen monitor dan kartu grafis.
Istilah VGA juga sering digunakan untuk mengacu kepada resolusi layar berukuran 640×480, apa pun pembuat perangkat keras kartu grafisnya. Kartu VGA berguna untuk menerjemahkan keluaran komputer ke monitor. Untuk proses desain grafis atau bermain permainan video, diperlukan kartu grafis yang berdaya tinggi. Produsen kartu grafis yang terkenal antara lain ATI dan nVidia.
Referensi :
http://3.bp.blogspot.com
http://wapedia//DirectX.htm
http://wapedia// SDL.htm
http://wapedia// Grafik_komputer.htm
http://wapedia// VGA.htm
Tidak ada komentar:
Posting Komentar